Rabu, 16 April 2014

PENTINGNYA KEBUTUHAN OUTBOUND PERUSAHAAN TERHADAP KARYAWAN




Pentingya kegiatan karyawan sepertinya outbound, outing maupun pelatihan tidak bisa ditawar lagi, karena dampaknya bisa dirasakan sangat baik dan bermanfaat oleh karyawan dan perusahaan.
Untuk lebih jelasnya OUTBOUND LEADERS akan menjelaskan seperti uraian dibawah ini :

OUTBOUND LEADERS selalu mengatakan, apakah aset yang paling berharga dalam sebuah perusahaan? Salah satu jawaban yang tepat adalah sumber daya manusia (SDM) yang andal yakni karyawan. Keberhasilan suatu bisnis tidak akan tercapai tanpa partisipasi dari karyawan yang menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena besarnya peran karyawan dalam sebuah perusahaan sebagai penggerak utama dari sumber daya lain, perusahaan harus memberi perhatian khusus pada karyawan. Menjaga agar karyawan puas dan nyaman dengan karir mereka harus menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan.

OUTBOUND LEADERS juga mengatakan, karyawan tidak hanya ingin gaji dan benefit yang memuaskan, mereka juga ingin di hargai atas pekerjaan yang mereka lakukan, diperlakukan adil, memegang tanggung jawab, memiliki kesempatan untuk berkembang dalam karirnya, dan kesempatan untuk terlibat secara lebih signifikan dalam sebuah perusahaan. Pengakuan dan penghargaan yang diberi oleh perusahaan kepada karyawan memerankan peran penting dalam unit kerja untuk mempertahankan karyawan. Dengan adanya penghargaan dan pengakuan, mereka merasa bahwa kontribusi mereka dihargai dan kualitas diri mereka diakui.

OUTBOUND LEADERS selalu mengingatkan bahwa karyawan tidak selalu mengharapkan penghargaan dalam bentuk uang, tetapi mereka juga mengharapkan kebutuhan rekreasi atau refreshing. Setiap orang ingin menjadi bagian dari organisasi atau grup yang sukses. Adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk menetapkan tujuan dan merayakan keberhasilan dari pencapaian tujuan tersebut secara berkelanjutan. Karena itu adalah bentuk penghargaan perusahaan terhadap seluruh karyawannya. Setiap karyawan merasa mereka mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan itu seperti outing , outbound maupun pelatihan.

OUTBOUND LEADERS mengatakan beberapa bentuk kurangnya perhatian perusahaan dalam memberi respek pada karyawan:
a. Kurang menghargai kemampuan dan privacy atau kehidupan pribadi karyawan. Jarang sekali menunjukkan ekspresi kekaguman akan kepribadian dan prestasi karyawan.
b .Perusahaan menganggap karyawan sebagai anak kecil dimana Ia memberi pengarahan dan supervisi yang berlebihan.
c. Kurang memberi otonomi kepada karyawan dalam proses pengambilan keputusan. Sementara jika karyawan melakukan inisiatif dan kreatifitas, perusahaan segan menghargainya dan menganggap bahwa apa yang dilakukan karyawan tersebut memang sudah semestinya. Padahal, setiap individu menempatkan penghargaan sebagai salah satu kebutuhan psikologisnya dalam bentuk harga diri dan aktualisasi diri.
d. Perusahaan enggan memaafkan karyawan yang berbuat salah. Memberi teguran keras tetapi tidak diikuti dengan penjelasan dimana letak kesalahan karyawan.
e. Perusahaan tidak memberikan kegiatan refreshing atau rekreasi seperti outing, outbound maupun pelatihan kepada karyawan .

Maka OUTBOUND LEADERS menawarkan kepada perusahaan untuk kegiatan outing, outbound dan pelatihan seperti :
1. kegiatan outing perusahaan di bogor, outing perusahaan di puncak, outing di bandung dan lain - lainnya
2. kegiatan outbound perusahaan di puncak, outbound di bogor, outbound di bandung dan lain - lainnya 
3. kegiatan pelatihan atau training perusahaan di bogorpelatihan atau training di puncak, pelatihan atau training di bandung dan lain -lainnya.

Oleh karena itu, untuk menjadi perusahaan yang berhasil, perusahaan harus memperhatikan karyawannya. Konsep bahwa keuntungan adalah hal yang paling penting bagi perusahaan dan karyawan hanyalah sebagian kecil dari perusahaan harus di ubah. Perusahaan harus menaruh perhatian khusus untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi karyawan. Penghargaan dalam bentuk uang bukan satu-satunya yang diinginkan oleh karyawan, melainkan penghargaan akan diri dan hasil kerja mereka. Perusahaan yang baik juga harus memberi respek kepada karyawannya karena tidak dapat dipungkiri bahwa mereka membutuhkan satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar