Senin, 19 Mei 2014

OUTBOUND CHARACTER BUILDING PERUSAHAAN - OUTBOUND DI BOGOR MAUPUN OUTBOUND DI PUNCAK


Banyak kebutuhan perusahaan untuk kegiatan outbound perusahaan dengan berbagai macam program outbound, seringnya kegiatan outbound di bogor dan outbound di puncak untuk outbound perusahaan tentunya harus tepat untuk memilih program outbound yang sesuai kebutuhan perusahaan saat ini. untuk hal ini kami outbound leaders coba menjelaskan salah satu program outbound yang sering dilakukan dalam kegiatan outbound.

OUTBOUND CHARACTER BUILDING

Bicara tentang program outbound character building kedengarannya sangat bermakna. Outbound character building ini sering kali diucapkan praktisi outbound. Akan tetapi, hal tersebut sepertinya banyak perusahaan yang belum mengetahui pentingnya untuk pengembangan karyawan. Bahkan,  outbound character building sudah makin terdengar manfaatnnya.
Sudah saatnya outbound character building perusahaan. Mengapa demikian? Sebab outbound character building adalah sangat signifikan untuk saat ini untuk memperbaiki kondisi perusahaan yang kian menurun atau hendak menaikkan. 

Siapa saja yang bertanggung jawab terhadap character building ? Tugas ini tidak hanya dibebankan kepada perusahaan, tapi setiap karyawan yang memiliki tanggung jawab akan hal itu. Bahkan, character building di lingkungan kerja adalah sangat vital dan menentukan serta menjadi tolok-ukur keberhasilan sebuah pelatihan.
Menurut praktisi outbound character building dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu:
a.  Personal Character Building
Pembangunan karakter ini bersifat individu, yaitu berbagai nilai dan perilaku yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang dan menjadi ciri khas kepribadiannya. Elemen-elemen karakter individu ini meliputi:
1. Keimanan/keyakinan
      2.  Kejujuran  
      3. Kerja Keras
      4.Kemandirian  

b. Community Character Building
Kita hidup dalam lingkungan kerja yang heterogen. Berbeda agama, suku bangsa, bahasa, adat-istiadat, budaya, pendidikan, sejarah dan sebagainya. Agar tujuan bisa berjalan dengan baik dan rukun, maka setiap pribadi atau antar bagian harus memiliki karakter sebagai berikut:
-  Saling Menghormati dan Menghargai
Inilah karakter penting yang harus ditumbuhkembangkan karyawan yang plural. Timbulnya berbagai konflik dan gesekan biasanya berakar dari tiadanya sikap saling hormat-menghormati dan menghargai antar pribadi atau bagian yang ada. Hindari juga sikap fanatisme bagian, merasa paling baik, merasa lebih tinggi dari yang lain, merasa dominan dan berbagai sikap lainnya yang bisa memicu pertentangan.
-  Sikap Toleransi
Ini juga termasuk karakter yang mulai pudar dalam lingkungan kerja. Sebagian dari kita tidak menyadari bahwa kita bekerja yang majemuk. Masing-masing pribadi dan bagian tentu memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai karyawan. Kita tidak boleh memaksakan keinginan dan kehendak kita kepada karyawan lainnya.
Saling Bekerjasama dan Tolong-Menolong
Untuk mencapai tujuan bersama, diperlukan kerjasama dan tolong-menolong antar karyawan atau bagian yang ada. Kita tidak mungkin meraih kesejahteraan dan kemakmuran jika harus berjalan sendiri-sendiri.
Jika ketiga karakter bisa terlaksana dengan baik, maka akan terwujud sebuah tujuan.

Outbound character building juga bisa diterapkan untuk outbound sekolah di bogor, outbound sekolah di puncak atau outbound gereja di bogor serta outbound gereja di puncak



0 komentar:

Posting Komentar